Home » Kecantikan » Cara Memutihkan Ketiak Hitam Berdasarkan Penyebabnya

Cara Memutihkan Ketiak Hitam Berdasarkan Penyebabnya

ketiak hitam, penyebab ketiak hitam, deodorant yang bagus untuk ketiak hitam, ketiak hitam saat hamil, Cara Memutihkan Ketiak, cara memutihkan ketiak dan selangkangan

Image via: uk.businessinsider.com

Ketiak hitam dan berbulu selalu sukses meruntuhkan rasa percaya diri seseorang. Apalagi kalau orang tersebut hendak mengenakan pakaian tanpa lengan.

Bahkan sekalipun memakai lengan panjang, ada rasa tidak nyaman di area ketiak. Lebih-lebih kalau sudah berkeringat. Potensi bau tak sedap semakin meningkat.

Kulit ketiak hitam bisa terjadi karena beberapa faktor. Entah itu iritasi deodoran, gesekan ketiak dengan pakaian, kondisi hormonal, keseringan mencukur bulu ketiak, obesitas, bakteri, atau faktor penyakit.

Lain penyebab, bisa lain lagi cara mengatasinya. Dirilis dari Alodokter, berikut ini cara memutihkan ketiak berdasarkan penyebabnya:

Ketiak hitam akibat cukur bulu

Terlalu sering mencukur bulu ketiak ternyata punya efek samping merugikan, yakni menghitamnya ketiak. Karena itu, anda disarankan menggunakan metode waxing saja. Jika tidak, pilihlah deodoran lembut dan melembapkan. Penghilang bau badan itu bisa membantu mempercepat pengelupasan kulit secara alami. Perlahan, warna hitam ketiak pun bisa hilang.

Ketiak hitam karena faktor bakteri

Bakteri yang menyebabkan bercak cokelat gelap di area ketiak dan selangkangan adalah Corynebacterium minutissimum. Ketika terjadi perubahan kimia dalam tubuh, misalnya ketika berkeringat, bakteri ini jadi tumbuh subur. Untuk membasminya, anda bisa meminum obat antibiotik atau mengoleskan salep antibiotik. Namun jangan lupa untuk mengkonsultasikan penggunaannya kepada dokter spesialis kulit.

Ketiak hitam karena sedang hamil

Ketika hamil, hormon berubah dan produksi melanin meningkat untuk sementara. Terangsangnya produksi melanin, atau semacam zat pemberi warna (mata, rambut, dan kulit), bisa menggelapkan kulit di area ketiak. Kondisi ini normal. Beberapa bulan pasca melahirkan, ketiak akan putih seperti biasa. Namun jika keadaan tidak berubah dan anda mulai terganggu, sebaiknya hubungi dokter untuk mengetahui penyebab sekaligus obatnya.

Baca :  7 Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Apa Anda Sudah Tahu?

Ketiak hitam karena penyakit

Acanthosis Nigricans merupakan kelainan yang menyebabkan kulit ketiak jadi hitam. Selain warnanya gelap, kulit juga tampak menebal. Selain di ketiak, kelainan ini juga terjadi di pangkal paha dan leher.

Rupanya kondisi ini bisa menjadi gejala penyakit tertentu seperti obesitas, acromegaly, hipotiroid, kanker perut, penyakit addison, sindrom cushing, jerawat, menstruasi tidak teratur, konsumsi obat tertentu, terapi hormon pertumbuhan, Sindrom ovarium polikistik, infertilitas (ketidakmampuan untuk memiliki keturunan), faktor genetik, gangguan kelenjar hipofisis (otak) dll.

Jika demikian, anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Pihak medis biasanya akan mengatasi sesuai dengan akar masalahnya. Misalnya mengganti obat yang biasanya dikonsumsi, menganjurkan diet/ program penurunan berat badan, merekomendasikan asupan tertentu untuk memperbaiki kadar hormon, menyarankan tablet atau krim khusus pencerah kulit, dll.

Pada umumnya, misi memutihkan kulit ketiak tidak berbeda dengan memutihkan kulit lain. Anda bisa mengandalkan dokter spesialis kulit, krim pemutih, atau deodoran khusus. Jika sampai mengganggu, lebih baik anda mengetahui penyebab sekaligus cara efektifnya. Demikian, Cara Memutihkan Ketiak Hitam Berdasarkan Penyebabnya. #RD