Home » Makanan » Daftar Buah dan Sayur yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Daftar Buah dan Sayur yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

buah dan sayur untuk kesehatan mental, buah untuk kesehatan mental, makanan untuk kesehatan mental, sayuran untuk kesehatan mental

Image via: dentistrywithaheart.com

Orang yang kesehatan mentalnya jelek bukan saja yang tertawa sendirian, bicara ngalor-ngidul, atau para penghuni rumah sakit jiwa. Ketika merasa tidak tenang dan tentram, di saat itulah kemungkinan kesehatan mental anda terganggu. Kalau sampai memengaruhi sikap dan kehidupan sehari-hari., barangkali anda mesti lebih siaga.

Gangguan kesehatan mental bisa membuat penderitanya rentan. Mereka jadi mengalami gangguan tidur, malas olahraga, pola hidupnya tidak sehat, dan berisiko terkena penyakit kronis. Orangnya jadi enggak nafsu makan, gampang marah, menyalahgunakan obat, nyeri dada, sakit kepala, jantung terganggu, dsb.

Tetapi rupanya ada beberapa sayur dan buah tertentu yang bisa membantu memperbaiki mood dan mengatasi depresi. Dilansir dari Boldsky via Viva, berikut ini makanan yang dimaksud.

1. Wortel

Kandungan dalam wortel mencakup beta-karoten dan antioksidan yang diolah menjadi vitamin A. Sangat berfaedah, tak hanya untuk kesehatan kulit dan mata, melainkan kesehatan mental juga. Beta-karoten memang membawa dampak baik bagi otak. Sementara antioksidannya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi sel, mencegah risiko penyakit jantung, dsb.

2. Pisang

Buah sejuta umat dikenal sebagai pemasok beberapa nutrisi penting, seperti kalium, yang berperan besar dalam urusan neurologis. Dengan kata lain, pisang membantu meningkatkan nafsu otak. Pisang juga bisa memengaruhi otak untuk mengatur suasana hati agar lebih baikan. Selain itu, pisang juga mendukung fungsi kognitif. Konsumennya jadi lebih fokus dan punya daya ingat tinggi.

3. Apel

Daging beserta kulit apel sama-sama bermanfaat. Oksigen reaktif nan berbahaya di jaringan otak bisa berkurang. Penurunan kesehatan mental pun bisa dimimalisir. Buah ini bahkan disebut-sebut mampu menekan risiko Alzheimer.

4. Bayam

Sayuran hijau gelap biasanya kaya akan folat, zat multifungsi yang bagus untuk perkembangan otak. Sebuat saja bayam, yang terbukti bisa meningkatkan memori jangka pendek dan kemampuan mental. Kekurangan folat bisa menimbulkan insomnia parah, kelelahan, serta peningkatan risiko depresi.

Baca :  10 Kebiasaan Jaman Now yang Mengundang Penyakit dan Mengacaukan Gaya Hidup Sehatmu

5. Mentimun

Dalam mentimun terdapat fisetin, flavonol anti-inflamasi, yang memberi kontribusi besar terhadap kesehatan otak. Mentimun pun dikaitkan dengan fungsi untuk meningkatkan daya ingat, mencegah memori progresif,  melindungi sel, dll.

6. Buah Kiwi

Kandungan tembaga dalam buah ini memberi dampak besar bagi pertumbuhan anak-anak. Sementara pada orang-orang dewasa muda, kiwi membantu perkembangan otak dan pertumbuhan tulang. Buah ini juga memiliki andil besar untuk menjaga imunitas tubuh dan membentuk sel darah merah.

Mari teruskan kebiasaan konsumsi buah dan sayur ya, Sahabat Sehat. Demikian, Daftar Buah dan Sayur yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental. #RD