Jeda Waktu Minum Obat Setelah Minum Kopi

Jeda Waktu Minum Obat Setelah Minum Kopi, selang berapa jam minum obat setelah minum kopi, terlanjur minum kopi setelah minum obat, minum kopi setelah minum paracetamol, berapa jam jeda minum obat dan kopi,,minum teh setelah minum obat, minum obat maag setelah minum kopi

Image via: freedesignfile.com

Penyuka kopi memang tidak bisa lepas dari kopi. Namun bagaimana jadinya, jika sang pencinta kopi itu harus minum obat?

Memangnya boleh ya minum obat setelah ngopi?

Sebagaimana yang kita tahu, kopi mengandung stimulan bernama kafein. Stimulan ini merangsang otak dan jantung agar bekerja lebih cepat. Tak heran kalau kopi membuat peminumnya jadi fokus dan melek terus.

Hanya saja, kafein bisa mengusik proses penyerapan obat. Konsentrasi usus halus dan lambung jadi terganggu. Bukan tak mungkin kalau obat yang anda konsumsi jadi sia-sia.

Terlanjur minum obat setelah ngopi

Jika mengalami keadaan ini, kemungkinan besar detak jantung anda akan meningkat drastis, mual, dan perasaan tidak nyaman lain. Kalau kondisinya parah, tubuh anda bisa keracunan, sebab kafein berinteraksi langsung dengan obat. Lebih lagi jika obat tersebut berupa antidepresan, pengencer darah, estrogen, antibiotik quinolone, obat osteoporosis, atau obat gangguan tiroid.

Lalu, selang berapa jam minum obat setelah minum kopi?

Sebaiknya anda memberi jeda selama 3-4 jam setelah minum kopi. Lalu anda pun bisa meminum obat-obat tertentu. Jika masih ragu, karena obat itu banyak jenisnya, anda bisa konsultasi langsung dengan dokter atau apotekernya.

Ada juga obat-obat yang mengharuskan anda untuk tidak dulu mengonsumsi minuman berkafein. Entah itu kopi, soda, minuman energi, atau pun teh. Jeda waktunya bisa 24 jam. Namun lamanya waktu ini sudah diperhitungkan agar tidak terjadi efek samping.

Ikuti aturan meminum obat

Selain kopi, banyak hal lain yang memengaruhi manjur atau tidaknya obat anda. Hal penting yang mesti diingat, yaitu mematuhi aturan pakai obat. Apalagi jika obat tersebut dijual bebas di pasaran dan tanpa resep dokter.

Baca :  Manfaat Buah Duku untuk Pengobatan, Dari Cacingan Sampai Malaria

Anda mesti memerhatikan dosis terbaiknya, kapan waktu konsumsinya, apakah diminumnya sebelum atau sesudah makan, dan apakah obat tersebut sesuai dengan keluhan atau penyakit yang diderita.

Obat bisa menyembuhkan atau meringankan penyakit anda. Namun jika melanggar aturan pakainya, kondisi anda bisa tambah parah.

Pada akhirnya, teman minum obat yang terbaik adalah air putih. Bukan kopi, susu, teh, soda, jus, apalagi minuman beralkohol. Bagaimana pun, obat perlu diserap dengan baik oleh tubuh. Demikian, Jeda Waktu Minum Obat Setelah Minum Kopi. #RD

Sumber: Hellosehat