Home » Kesehatan » Kabar Baik untuk Pencinta Kopi Hitam! 9 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kabar Baik untuk Pencinta Kopi Hitam! 9 Manfaatnya Bagi Kesehatan

kopi untuk kesehatan, manfaat kopi hitam, khasiat kopi pahit, manfaat minum kopi bagi wanita, manfaat minum kopi di pagi hari, manfaat kopi bagi pria, manfaat kopi untuk diet

Via: thejakartapost.com

Kopi menjadi salah-satu minuman yang selalu ngetrend dan digemari banyak orang. Kita suka sensasi pahit, asam, dan manisnya. Kita juga sudah terbuai dengan efek yang ditimbulkannya. Entah itu rasa segar, terjaga, berenergi, tidak mengantuk, dan merasa rileks.

Kopi memang kontroversial. Ada yang selalu membahas dampak negatifnya, banyak juga yang terus mempublikasikan sisi positifnya, khususnya dari segi kesehatan. Lalu apa saja khasiat kopi bagi kesehatan tubuh? Jom!

#1. Kopi Bisa Meningkatkan Kemampuan Memori

Dilansir dari Readerdigest.co.id (16/01/2014), tim peneliti pimpinan Michael Yassa dari John Hopkins mengklaim kalau kandungan kafein bisa meningkatkan kinerja memori tertentu, tepat 24 jam pasca dikonsumsi. Riset lebih lanjut menyatakan kalau konsumsi kopi bisa memperlambat penurunan kemampuan kognitif, sehingga bisa menghindari risiko penyakit-penyakit terkait memori. Misalnya alzheimer, dementia, dan parkinson.

#2. Kopi meningkatkan performa selama olahraga

Menurut dari Health.liputan6.com (27/08/2017), ada anjuran untuk minum kopi sebelum berolahraga. Menurut penulis seri buku “Eat Right for Life” yang laris, Ann Kulze, M.D., sebaiknya kita meminum 2 cangkir kopi pra olahraga. Anjuran ini berlaku jika kita tidak memiliki kontradiksi medis dengan kafein. Manfaatnya sendiri, kamu terhindar dari risiko rasa nyeri setelah latihan atau olahraga. Kadar epinefrin atau adrenalin juga bisa meningkat, sehingga tubuh merasa siap untuk melakukan aktivitas fisik. Lemak dalam tubuh yang tersimpan pun bisa dipecah, menjadi lemak bebas, disalurkan di aliran darah, serta menjadi semacam bahan bakar untuk kegiatan fisik.

#3. Kopi baik untuk hati

Dilansir dari Nationalgeographic.co.id (17/10/2017), ada penelitian yang terbit di Journal of Hepatology yang mengklaim kalau kopi bisa mencegah fibrosis hati dan sirosis. Penelitian lain dari National Cancer Institute pimpinan Dr. Qian Xiao menyatakan kalau peminum kopi rutin memiliki 25% enzim hati yang lebih baik. Khasiat ini bisa dirasakan tanpa mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Baca :  6 Manfaat atau Hikmah Berbuat Baik Bagi Kesehatan

#4. Kopi Meningkatkan Kinerja Otak/ Kecerdasan

Dilansir dari gaya.tempo.co (15/02/2015), dokter Michael Hartanto Angriawan dari Meetdoctor menyatakan kalau darah akan menyerap kandungan kafein dalam kopi dan mengalirkannya ke otak. Di organ ini kafein akan memblokade adenosine. Senyawa organik berupa dopamine dan norepinephrine akan meningkat, sehingga kinerja otak pun jadi lebih maksimal.

#5. Kopi menjadi “alat bersih-bersih”

Menurut Science.idntimes.com (29/04/2017), sifat diuretik pada kafein kopi sering membawa mitos berupa ancaman dehidrasi. Kamu jadi sering buang air kecil. Namun memang anjuran kalau kita sebaiknya meminum kopi tanpa gula diiringi konsumsi air mineral yang baik. Dengan demikian, kamu bisa mengeluarkan racun serta bakteri via urine tanpa takut kehilangan cairan.

kopi kesehatan, manfaat minum kopi hitam, manfaat minum kopi tanpa gula, manfaat kopi hitam, khasiat kopi pahit, manfaat minum kopi bagi wanita, manfaat minum kopi di pagi hari, manfaat kopi bagi pria, manfaat kopi untuk diet

Via: archive.naplesnews.com

#6. Kopi untuk menurunkan berat badan

Dilansir dari Hellosehat.com, ada beberapa teori yang mendukung asumsi kalau kopi bisa membantu menurunkan berat badan. Pasalnya kafein itu mampu meningkatkan metabolisme tubuh, membakar kalori, mengeluarkan energi yang lebih banyak, serta menekan nafsu makan. Dengan catatan, kamu tidak menambahkan pemanis berlebihan ke dalam seduhan kopi itu.

#7. Kopi mampu meningkatkan kesehatan jantung

Dilansir dari Health.kompas.com (03/03/2015), studi dari Korea memberi kabar baik bagi para konsumen kopi. Kandungan di dalamnya bisa membantu pembuluh arteri agar terhindar dari penyumbatan. Meski penelitian ini perlu dikembangkan lanjut, namun diketahui kalau penyumbatan itu menjadi pangkal dari berbagai penyakit jantung. Tambahan dari Lifestyle.sindonews.com (22/09/2017), kopi tanpa gula bisa melebarkan pembuluh darah. Petaka berupa pembekuan yang berujung pada stroke pun bisa dihindari.

Baca :  11 Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat Sepele Padahal Tidak Boleh Diabaikan

#8. Kopi bisa mengurangi resiko diabetes

Sindonews.com (22/09/2017) mengutip artikel menarik dari Boldsky. Ternyata ada studi terbitan American Chemical Society yang menuliskan kalau antioksidan pada kopi bisa menjaga kesehatan metabolisme. Hormon insulin pun jadi terbilang stabil, dan risiko diabetes jadi berkurang.

#9. Kopi mengurangi risiko kanker

com (16/06/2017) mengungkapkan kalau Badan Penelitian Kanker Internasional WHO (IARC) memastikan kalau kopi tidak bersifat karsinogenik alias memicu kanker, khususnya terhadap payudara, pankreas, dan prostat. Vemale.com (31/08/2016) mengutip keterangan dari laman dailymail.co.uk yang menyatakan kalau nutrisi serta antioksidan dalam kopi bisa melemahkan sel kanker. Jurnal yang dirilis via Journal of Cancer pun menyatakan kalau kopi bisa mencegah risiko kanker, khususnya otak.

Namun semua manfaat itu bisa dirasakan dengan ketentuan tertentu. Sebaiknya tidak terlalu sering, tergantung bagaimana toleransi tubuh terhadap kafein. Tidak dianjurkan juga untuk menambahkan pemanis terlalu banyak. Selain itu, usahakan agar tidak mengonsumsinya di petang atau malam hari, agar jatah tidur jadi tidak terusik. Demikian,  9 Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan. #RD