Home » Penyakit » Makanan Pantangan dan Anjuran Untuk Penderita Ambeien atau Wasir

Makanan Pantangan dan Anjuran Untuk Penderita Ambeien atau Wasir

buah pantangan ambeien, resep makanan untuk penderita wasir, bolehkah penderita wasir makan telur, bolehkah penderita wasir makan mie instan, pantangan makanan penderita wasir

Image via: master-insight.com

Ambeien atau wasir menjadi salah-satu penyakit yang bisa kamu diagnosis sendiri. Cirinya terdapat pada anus, di mana phinchterani atau bibir anus mengalami pembengkakan sampai menonjol ke luar. Kamu mungkin akan merasa tidak nyaman, gatal, iritasi, bahkan sampai berdarah.

Penyakit ini bisa timbul karena berbagai faktor. Mungkin karena kamu mengejan (ngeden) terlalu keras, sering “nongkrong” lama-lama di toilet, konstipasi/ sembelit, terlalu banyak duduk, faktor kehamilan, keturunan, diare kronis, hubungan lewat anus, obesitas/ kegemukan, serta pola makannya kurang sehat.

Penyebab terakhir, pola makan, sering menjadi dalang di balik hemoroid (wasir). Karena itu sebaiknya kamu memerhatikan makanan apa yang menjadi pantangan, dan mana yang justru dianjurkan. Nah, topik ini pernah diangkat oleh Aprinda Puji via Hellosehat, dan sudah mendapat review medis dari dr. Yusra Firdaus. Jom!

makanan kaya serat, makanan rendah serat, buah berserat tinggi untuk pencernaan, buah kaya serat untuk sembelit, makanan berserat tinggi untuk wasir

Image via: lifestyle.kompas.com

Berbagai asupan makanan yang menjadi anjuran penderita wasir yaitu:

Kacang-kacangan

Kacang tak hanya menjadi teman ngobrol saja, melainkan juga camilan bernutrisi. Entah sebagai sumber energi, protein, mineral, vitamin, serat, dan lemak sehat. Beberapa kacang yang direkomedasikan yaitu kacang hijau, kacang hitam, kacang polong, kacang almond, dan kacang lentil/ miju-miju. Namun bijak, ya, jangan makan banyak-banyak.

Biji-Bijian

Selain kacang, biji-bijian juga mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. Serat tidak larut dalam biji-bijian pun cukup kaya. Kamu bisa mencernanya dari jagung, oat, atau biskuit yang berasal dari tepung gandum.

Buah dan Sayur

Kedua makanan ini pasti selalu menjadi rekomendasi bagi tubuh. Ciri sayuran yang kaya akan serat dan senyawa flavonoid biasanya dapat dilihat pada warna daunnya yang hijau gelap. Sebut saja kangkung, brokoli, kubis, dan bayam. Sementara buahnya, kamu bisa memilih kurma, pisang, anggur, stroberi, tomat, apel, dan ceri. Selain itu, prioritaskan buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti mentimun, semangka, seledri, dll.

Ketiga makanan yang dianjurkan di atas bisa kamu kombinasikan. Buat gado-gado, salad sayur bertabur kacang almond, salad buah, roti gandum dengan selai kacang, atau campuran antara kacang-kacangan, pisang, serta oat.

Mengolah sayuran juga sebaiknya hati-hati, jangan sampai kandungan nutrisi di dalamnya jadi rusak. Kurangi penggunaan mentega dan pastikan agar warna sayur tidak memudar. Kamu juga bisa memilih opsi konsumsi lain seperti susu rendah lemak, yogurt, atau kefir (minuman fermentasi yang terbuat dari susu – bisa susu sapi atau kambing, santan kelapa, atau air).

Baca :  5 Buah yang Baik untuk Pereda Sakit Maag

Baca Juga: 10 Kesalahan Memasak yang Bisa Mengubah Makanan jadi Racun Bagi Kesehatan

Lalu Bagaimana dengan Makanan Pedas?

makanan pedas untuk penderita wasir, kenapa wasir tidak boleh makan pedas, resep masakan untuk penderita ambeien, ambeien makan bakso, apakah penderita ambeien boleh makan bakso, bolehkah penderita wasir makan bakso

Image via: generalpepper.com.br

Kalau menurut kesimpulan jurnal yang terbit di ncbi.nlm.nih.gov, makanan pedas dan wasir itu tidak ada kaitannya secara ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, makanan ini bukan menjadi dalang di balik meningkatnya risiko ambeien. Namun jika konsumsinya berlebihan, barangkali kamu akan merasakan sensasi panas dan sistem pencernaan bisa terganggu.

Sekarang, kita lanjut ke berbagai asupan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita wasir yaitu:

makanan rendah serat, pantangan untuk penderita wasir, buah pantangan ambeien, minuman makanan sehat untuk penderita wasir, bolehkah penderita wasir makan telur, makanan penyembuh wasir

Image via: sciencemag.org

Makanan Berlemak Tinggi

Mencerna lemak biasanya memerlukan waktu yang relatif lebih lama. Kinerja pencernaan juga bisa lebih keras, sehingga risiko ambeien memburuk bisa terjadi. Untuk itu, sebaiknya kurang dulu konsumsi daging, telur, hati, ikan, atau makanan lain yang digoreng.

Makanan Rendah Serat

Kalau makanan kaya serat mempermudah buang air besar, makanan yang miskin serat tentu mempersulit. Kamu bisa menderita sembelit. Kalau sudah begini, ambeien bisa tambah parah. Dan beberapa makanan yang rendah serat yaitu nasi tim, bubur, kentang rebus, hati, ikan, ayam, susu, telur, tepung yang diolah, minyak, mentega, junk food, dsb.

Kamu juga disarankan untuk memperhatikan asupan garam. Kalau tinggi, asupan ini bisa menekan pembuluh darah, khususnya vena. Selain itu, kamu pun harus peka pada konsumsi suplemen, sebab siapa tahu efek sampingnya justru menyebabkan sembelit – misalnya suplemen zat besi.

Pada akhirnya, kondisi hemoroid yang tak kunjung membaik mesti segera diperiksakan ke dokter atau pihak medis. Demikian, Makanan Pantangan dan Anjuran Untuk Penderita Ambeien atau Wasir. #RD