Home » Pengobatan » Manfaat Buah Duku untuk Pengobatan, Dari Cacingan Sampai Malaria

Manfaat Buah Duku untuk Pengobatan, Dari Cacingan Sampai Malaria

manfaat buah duku, manfaat buah duku dari diare hingga kanker, manfaat buah duku untuk ibu hamil, manfaat buah duku dan efek sampingnya, manfaat buah duku untuk diabetes, manfaat biji duku

Image via: mnn.com

Sudah berapa harga buah duku di daerahmu?

Bervariasi, ya. Ada yang menjual 10k/ kg, 7k/ kg, atau mungkin 5k/ kg. Murah meriah!

Indonesia memang menjadi salah-satu negara yang kaya akan duku atau langsat. Demikian juga dengan Malaysia, yang menamai buah ini sebagai duku, langsat, lansa, langsep, langseh, dan dokong. Orang-orang Thailand menyebutnya sebagatilangsat atau longkong. Sementara orang Inggris sana mengenalnya sebagai langsat atau lanzones fruit.

Sayang sekali kalau kita tidak memanfaatkan anugerah berupa buah ini. Sebab, duku juga digemari oleh negara lain yang menganggapnya sebagai buah jarang ditemukan. Mereka juga biasa memakannya langsung sebagai dessert, disatukan dengan pudding, atau diolah dalam kemasan botol.

Selain memiliki rasa yang asam manis segar, buah ini juga dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Dengan kata lain, bagian-bagian dari buah ini bisa dijadikan obat tradisional. Keterangan ini bersumber dari Worldcat.org, yang kemudian didokumentasikan juga via Wikipedia.

Anda bisa menumbuk biji buah ini, lalu campur dengan air. Kombinasi ini bisa meredakan cacingan dan maag. Kulitnya juga bisa digunakan untuk mengatasi malaria, diare, dan disentri. Bahkan bubuk kulitnya bisa berfaedah untuk mengobati sengatan kalajengking.

Kalau di Filipina, kulit buah duku bisa dibakar untuk dijadikan dupa dan obat nyamuk. Jadi tak perlu obat nyamuk yang mengandung efek samping berbahaya. Kulit buah duku pun bisa jadi alternatif yang alami. Manfaat Buah Duku untuk Pengobatan, Dari Cacingan Sampai Malaria. #RD