Home » Pengobatan » Menghilangkan Ketombe dengan Garam, Bagaimana Caranya?

Menghilangkan Ketombe dengan Garam, Bagaimana Caranya?

garam untuk mengatasi ketombe, cara menghilangkan ketombe dengan garam halus, cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan alami, cara keramas dengan air garam

Image via: thefitglobal.com

Memiliki rambut berketombe menjadi salah-satu pengalaman paling enggak asyik. Maunya itu garuk-garuk terus. Apalagi kalau ketombenya menampakkan diri, bisa-bisa rasa pede dalam diri langsung pergi. Sebagian orang juga akan langsung menjudge kalau kamu itu jarang keramas atau membersihkan rambut.

Beberapa upaya pasti langsung kamu tempuh, termasuk dengan membeli produk khusus yang menangani ketombe. Mending kalau cocok, beberapa diantaranya justru tak berpengaruh apa-apa. Belum lagi kalau kamu malah mesti menanggung efek sampingnya. Duh!

Tak heran kalau banyak orang mulai mencari cara yang alami, murah, dan relatif aman. Salah-satunya dengan menggunakan garam. Kok bisa sih senyawa asin ini mengatasi ketombe? Kita kupas dari Stylecraze.com, ya. Jom!

Alasan Kenapa Garam Bisa Membantu Menghilangkan Ketombe

manfaat garam untuk rambut, cara keramas dengan air garam, bahaya garam untuk rambut, atasi rambut rontok dengan garam, manfaat garam untuk rambut berketombe

Image via: healthlove.in

Satu dari sekian penyebab utama dari kehadiran ketombe, yaitu dengan adanya penyumbatan pori-pori. Sementara garam bisa membantu mengelupas serpihan yang ada pada kulit kepala. Cara kerja garam ini tentu sangat membantu ketika kamu hendak menyingkirkan kulit mati. Kalau sudah begitu, kulit kepala dan pori-pori akan bersih dengan sendirinya.

Penyebab lain yang sukses mendatangkan ketombe yaitu minyak. Produksi sebum yang berlebihan juga bisa menyumbat pori-pori, sehingga kulit kepala jadi begitu kotor dan gatal. Sementara penggunaan garam bisa membantu menyerap minyak berlebih tersebut.

Selain kedua penyebab di atas, kelembaban rambut juga bisa menjadi dalang utamanya. Keadaan demikian bisa memicu tumbuhnya jamur dan ketombe. Garam sendiri siap membantu melawan infeksi jamur dan menyerap kelembaban.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit

Bagaimana Cara Penggunaan Garam untuk Menghilangkan Ketombe secara Alami?

keramas menggunakan garam, cara mencuci rambut dengan air garam, cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok dengan garam, shampo dicampur garam

Image via: notiultimas.com

Bahan yang diperlukan sangatlah sederhana. Cukup sediakan setengah sendok makan garam dan satu sendok makan sampo yang biasa kamu gunakan.

Baca :  Wah! Ternyata Rasa Ketakutan Bisa Mendatangkan 6 Manfaat Kesehatan

Pertama-tama, campurkan dan aduk garam dengan sampo. Setelah itu, basahi rambutmu menggunakan air hangat. Lalu, gunakan campuran garam dan sampo itu pada rambut. Pijit kulit kepalamu dengan gerakan melingkar agar serpihannya tidak menumpuk, menguar, dan hilang.

Baca Juga: 3 Manfaat Mengejutkan Kalau Shampo Dicampur dengan Garam

Setelah beberapa menit, barulah basuh rambutmu dengan air dingin biasa.  Sempurnakan keramasnya dengan conditioner. Oleskan conditioner dari  pertengahan sampai ujung rambut. Usahakan agar tidak menyentuh kulit kepala, supaya tidak terjadi penumpukan lagi.

Ulangi keramas duet ala garam dan sampo ini selama 2-3 kali dalam seminggu.

Kandungan garam dalam sampo bisa menyebabkan busanya terserap. Tetapi garam juga bisa membantu kulit kepala untuk mengelupas, membersihkan kotoran atau kulit mati, dan menyeimbangkan minyak yang seringkali tak terkendali. Menghilangkan Ketombe dengan Garam, Bagaimana Caranya? #RD