Pengaruh Minum Kopi Ketika Haid itu Buruk, Mitos atau Fakta?

pengaruh minum kopi ketika haid, minum kopi susu saat haid, dampak minum kopi bagi wanita, minuman saat haid, minum teh saat haid, bolehkah saat haid minum teh manis

Image via: freepik.com

Fans kopi memang tak mengenal gender. Mau pria atau perempuan sama saja. Kalau sudah suka ngopi, tentu tak ada alasan untuk melewatinya.

Bagaimana jika sedang haid atau menstruasi?

Satu pihak mengatakan, kalau kopi bisa mengurangi efek sakit haid. Pihak lainnya justru mengatakan, kalau kopi membuat haid semakin sakit dan terganggu.

Beberapa wanita yang sedang datang bulan bisa merasakan efek berbeda ketika ngopi dalam keadaan haid. Mengapa demikian?

Minum kopi saat mens, apalagi sudah terbiasa, mungkin saja tidak mendatangkan masalah. Asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Kandungan kafein pada kopi juga bisa berbeda-beda. Rata-rata dalam secangkir kopi hitam siap seduh (tubruk), terdapat 95-200 mg kafein. Kandungan ini bisa membantu aktivitas anda. Tetapi di saat haid, kandungan ini juga bisa mengganggu. Lebih lagi kalau anda ternyata begitu sensitif terhadap kopi.

Jika anda memaksakan diri untuk minum beberapa cangkir kopi dalam keadaan menstruasi, ada beebrapa dampak negatif yang mungkin membuntuti, yaitu:

1. Nyeri haid bertambah

Kafein tidak hanya menggedor otak dan jantung untuk bekerja lebih cepat, tetapi juga membuat pembuluh jadi sempit. Aliran darah pun jadi tidak begitu lancar.

Dalam keadaan tersebut, aliran darah ke otot rahim perut bisa tersendat. Suplai oksigen itu terpotong, sehingga kram perut dan sensasi sakit haid bisa bertambah. Kemungkinan anda juga akan merasa sakit kepala.

2. Perut kembung

Siapa yang merasa nyaman dalam keadaan perut kembung? Kopi ini bersifat asam, bikin asam lambung naik, dan perut jadi kembung.

Jika sudah demikian, anda mungkin akan merasa begah, muak, ulu hati terasa panas, dan pencernaan bisa terganggu. Lebih lagi kalau anda ngopi sebelum perut terisi. Bukan salah kopi jika anda terus merasa tersiksa.

Baca :  10 Alasan Kenapa Tidur Tanpa Busana Alias Telanjang itu Bisa Menyehatkan

3. Bad mood

Dalam studi yang diterbitkan Journal of Women’s Health, disimpulkan bahwa peminum kopi yang sedang menstruasi cenderung mudah cemas dan suasana hatinya buruk.

4. Kurang istirahat

Minum kopi akan membuat anda melek, insomnia atau sulit tertidur nyenyak. Hal ini tentu bertolak belakang dengan kebutuhan istirahat anda. Nyeri haid dan kurang istirahat bukanlah kolaborasi yang bagus.

Intinya, perempuan masih bisa menikmati secangkir kopi dalam keadaan menstruasi. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan istirahatnya cukup.

Namun, perempuan lebih direkomendasikan untuk mengurangi minuman berkafein ketika sedang haid. Sebaiknya anda memperbanyak minum air putih, jus buah-buahan, atau minuman elektrolit. Ketiganya lebih berfaedah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Anda juga bisa memilih minuman hangat dari rempah-rempah seperti teh jahe, teh hijau, atau teh kayu manis. Tetapi usahakan tehnya rendah kafein, sehingga tidak akan memberi dampak seperti kopi. Pengaruh Minum Kopi Ketika Haid itu Buruk, Mitos atau Fakta? #RD

Sumber: Hellosehat