Home » Kesehatan » Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengecilkan Perut Buncit

Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengecilkan Perut Buncit

perut buncit, penyebab perut buncit pada wanita, penyebab perut buncit pada pria, cara mengecilkan perut buncit pada wanita, penyebab perut buncit pada wanita kurus, penyebab perut buncit dan keras pada wanita, cara mengecilkan perut buncit pada pria

Image via: irishmirror.ie

Ada yang langsung memeriksa perut sendiri? Buncit, tidak?

Perut buncit pada wanita atau pria memang cukup mengganggu. Tak hanya bagi penampilan, namun juga bagi kondisi kesehatan secara general.

Kenapa Perut Buncit Seperti Hamil?

Penumpukan lemak pada perut bisa menjadi dalang di balik perut buncit. Lemaknya sendiri terbagi atas dua jenis. Ada lemak subkutan, yang berada tepat di bawah kulit. Kamu bisa melihat, meraba, atau mencubitnya.

Ada juga lemak viseral, yang berada dalam organ tubuh. Lemak jenis ini yang biasa dikaitkan dengan kondisi obesitas tubuh. Sulit juga untuk dienyahkan. Selain tak terlihat, lemak ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit.

Kenapa Lemak Bisa Menumpuk dan Menyebabkan Perut Buncit?

Intinya, asupan makanannya berlebihan, melebihi keperluan energi untuk menunjang aktivitas fisik. Contoh kecilnya, kamu terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan gula, sementara olahraga atau kegiatan fisikmu sangat sendiri. Otomatis lemaknya akan menumpuk dan membentuk.

Selain itu, perut buncit juga bisa hadir karena faktor lain. Misalnya stres tinggi, kurang tidur, terbiasa minum alkohol, usia menua, ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause, atau juga faktor obesitas pada keluarga.

Kapan Perut Buncit Jadi Bahaya?

Kamu bisa mengukurnya menggunakan meteran. Ukur sejajar pusar dan ujung tulang panggul. Kalau laki-laki maksimalnya 102 cm, sementara yang perempuan sebesar 89 cm. Kalau melebihi ukuran tersebut, kemungkinan kamu memiliki obesitas.

Kamu juga bisa memantau status gizi dan menghitung indeks massa tubuh. Kalau indeks massa tubuhnya tinggi, maka jumlah lemak dalam tubuhnya biasanya lebih banyak.

penyebab perut buncit pada pria, penyebab perut buncit pada pria dan cara mengatasinya, penyebab perut buncit pada pria setelah menikah, penyebab perut buncit pada pria dewasa, penyebab perut buncit pada pria kurus, bahaya perut buncit pada pria, penyebab perut buncit pada pria remaja, efek perut buncit pada pria

Image via: express.co.uk

Apa Bahaya Medis dari Perut Buncir?

Endapan lemak di perut bisa memicu keluarnya hormon dan sitokin (senyawa peradangan) yang mengusik metabolisme tubuh. Aneka penyakit pun seakan “mendapat undangan untuk datang”. Entah itu penyakit stroke, jantung, tekanan darah tinggi, atau mungkin berbagai kanker seperti kanker usus besar, pankreas, serta kerongkongan.

Perut buncit juga identik dengan produksi kolesterol buruk yang melejit. Sebaliknya, kolesterol yang baiknya justru menukik. Selain itu, insulin jadi lemah ketika harus mengontrol gula darah. Akibatnya pun tak jauh dari diabetes. Bahkan perut buncit sering menjadi penyebab gangguan pernapasan. Penderitanya bahkan bisa meninggal dini karena adanya penyakit kardiovaskular.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria dan Wanita

Dua jenis lemak yang terkandung dalam perut buncit memang tak mudah ditaklukan. Namun bukan berarti tak ada jalan keluar. Hanya saja, kamu mesti sangat telaten.

Baca :  1 Batang Seledri Bisa Mendatangkan 10 Manfaat Kesehatan Ini

Kamu bisa mengencangkan otot perut dengan gerakan-gerakan tertentu, seperti sit up. Namun upaya itu akan sia-sia apabila faktor penting lain diabaikan. Jom!

Peka Terhadap Makanan

Hindari makanan yang tinggi karbohidrat dan kalori. Perbanyak konsumsi buah, sayur, produk whole grain atau biji-bijian utuh seperti gandum dan jagung, produk susu rendah lemak, serta protein tanpa lemak.

Banyak aktivitas fisik

Sedikitnya aktivitas fisik akan membuat upaya mengecilkan perut buncit jadi gagal total. Karena itu, bulatkan niat untuk berolahraga. Kamu bisa mulai latihan angkat beban. Kalau tidak mau yang berat, cukup dengan berjalan kaki dan yoga.

Hindari Stres

Stres menyebabkan kondisi emosi dan fisik jadi terguncang. Rasanya tidak nyaman. Namun ketika stres melanda, sebaiknya kamu melakukan meditasi, curhat, atau rileksasi. Jangan sampai tenggelam dalam permasalahan.

Berhenti Meminum Minuman Beralkohol

Jika ditakar, minuman jenis ini lebih banyak mendatangkan bahaya ketimbang dengan manfaatnya. Apalagi bagi muslim, yang jelas-jelas tidak ada toleransi untuk mengonsumsinya. Lebih lagi, minuman beralkohol juga bisa membuat perut kamu jadi semakin buncit.

Cukup Tidur

Kalau kurang tidur, biasanya nafsu makan kamu akan semakin kencang. Pola makanmu bisa goyah. Selain itu, berat badan orang yang kurang tidur biasanya mudah naik.

Bagi sebagian pemilik perut buncit, upaya untuk mengecilkannya menjadi misi besar. Perlu niat kuat dan perjuangan sangar. Namun semua itu juga demi kebaikan diri sendiri.

Mulailah untuk menjalani gaya hidup sehat, rajin olahraga atau bergerak, perhatikan makanan, dan peka terhadap keadaan mental. Bila perlu, kamu juga bisa konsultasi ke dokter atau ahli gizi. Mereka akan memberi arahan tentang bagaimana metode yang tepat untuk mengurangi penumpukan lemak, dan sampai berapa berat badan yang bisa kamu miliki. Demikian, Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengecilkan Perut Buncit. #RD

 

Referensi: Alodokter, dengan tinjauan dari Dr. Kevin Adrian