Home » Penyakit » Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Dingin, Waspada, ya!

Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Dingin, Waspada, ya!

keringat dingin, penyebab keringat dingin, cra mengatasi keringat dingin, keringat dingin setelah demam, badan lemas keringat dingin pusing

Image via: hellodoktor.com

Tak perlu takut dengan keringat. Cairan dari kelenjar keringat ini justru sangat bermanfaat. Fungsinya bisa untuk mengatur suhu tubuh, membuang racun, membakar kalori, menurunkan stres, dsb. Efek negatifnya hanya ketidaknyamanan tubuh, berisiko meninggalkan bercak pada pakaian, bau, dsb.

Namun jika keringatnya dingin, kamu akan langsung curiga. Pasalnya, keringat yang satu ini terkesan “tidak ramah”. Kulit akan terasa sangat dingin. Tubuh pun seakan tidak nyaman.

Ya, keringat dingin bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres dalam badan, baik secara psikis mau pun fisik. Bisa dibilang, keringat dingin menjadi ‘kode’ dari tubuh bahwa kamu mesti mendapat pertolongan.

Karena itu, Alodokter pun mewanti-wanti agar kamu tidak menganggap remeh keringat dingin.

“Teman-teman Keringat Dingin”

dampak dari keringat dingin, cara mengatasi keringat dingin, cara mengatasi keringat dingin secara alami, ciri keringat dingin berbahaya

Image via: womensrunning.competitor.com

Keringat ini biasanya muncul di area telapak tangan, ketiak, bawah lengan, dan kaki. Banyak gejala yang menyertai keringat dingin. Gejala itu sendiri tergantung dari kondisi medis setiap orang. Ada yang keluar dingin sambil menggigil, merasa lemas, kulitnya pucat, perutnya mual, ada hasrat ingin muntah, stres, dan tegang.

Apa Penyebab Keringat Dingin

Lagi-lagi, penyebab spesifiknya tergantung dari keadaan seseorang. Namun ada hal-hal umum yang menyebabkan munculnya keringat dingin, yaitu:

  • Gula darahnya rendah
  • Hyperhidrosis atau produksi keringat berlebih
  • Menopause (usia wanita 40 tahun ke atas)
  • Batu ginjal
  • Anaphylaxis, atau semacam reaksi alergi yang bisa membahayakan jiwa
  • Bisa jadi gejala dini dari kanker. Contohnya pada kanker limfoma (kanker yang menyerang sel darah putih penjaga daya tahan tubuh), keringat dinginnya diserta demam serta penurunan berat badan tanpa sebab.
  • Ada infeksi seperti pada ginjal, tuberkulosis, dan pneumonia.
  • Sedang sakit parah akibat migrain dan patah tulang.
  • Syok karena penyakit kronis atau cedera parah.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat tekanan darah tinggi dan antibiotik.
  • Kurangnya pasokan oksigen atau darah akibat kesulitan bernapas, pendarahan dalam, serangan jantung, serta hipotensi atau tekanan darahnya rendah.
Baca :  4 Ancaman Kesehatan Fisik dan Mental yang Dihadapi Generasi Milenial

Cara Meredakan/ Mengatasi Keringat Dingin

bahaya keringat dingin, efek keringat dingin, dampak keringat dingin, keringat dingin setelah demam, obat keringat dingin dan pusing

Image via: onhealth.com

Penanganan keringat dingin sangat tergantung pada penyebabnya. Jika keringat dingin itu hadir karena tegang atau stres, kamu bisa mensiasati bagaimana agar tekanan pikiran itu bisa berkurang. Kalau pun perlu pengobatan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli medis/ dokter. Cara lain yang bisa kamu usahakan yaitu:

  • Atur pola makan agar lebih sehat.
  • Lebih aktif bergerak
  • Lebih aktif mengasah pikiran seperti membaca, mengisi teka-teki silang, atau bermain puzzle.
  • Ciptakan kenyamanan di kamar agar tidurnya lebih berkualitas. Ketika tidur pun, usahakan atur kamar tidur agar lebih sejuk dan pakai pakaian yang nyaman serta longgar.
  • Konsumsi obat-obatan yang sudah dianjurkan oleh dokter.

Beberapa ciri keringat dingin yang wajib diwaspadai meliputi demam tinggi, muntah, kulit-kuku-bibir pucat dan membiru, buang air besar berdarah, sesak, detak jantung tidak keruan, nyeri dada, tenggorokan seperti tercekik, nyeri bahu-rahang-lengan.

Keringat dingin jangan sampai disepelekan. Selalu peka apabila keringat tersebut dibarengi dengan gejala lain yang mencurigakan dan berbahaya. Apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, risikonya bisa mengancam jiwa. Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Dingin, Waspada, ya! #RD