Penyebab Jerawat Di Leher dan Obat Paling Ampuh Mengatasinya

jerawat di leher, jerawat di leher pertanda apa, jerawat di leher kenapa, jerawat di leher artinya, obat jerawat di leher paling ampuh, salep jerawat di leher

Image via: ohacu.com

Jerawat tidak hanya terdapat pada wajah. Bagian tubuh lain, seperti leher, bisa menjadi sasarannya. Namun di mana pun itu, jerawat tetaplah mengganggu.

Lebih lagi jerawat seolah tidak memandang usia. Tak hanya remaja saja yang bisa jerawatan. Orang dewasa yang menginjak usia 30-40 tahunan pun bisa mengalaminya. Kenapa, ya, jerawat bisa muncul di area dada, bahu, punggung, termasuk leher?

Umumnya, jerawat muncul karena pori-pori yang tersumbat. Tetapi jerawat pada leher bisa terjadi karena berbagai alasan. Misalnya karena anda kurang rajin membersihkan leher, terutama ketika berkeringat. Sehingga jerawat akan mudah eksis.

Penyebab lain bisa berupa penggunaan produk pelembab, tabir surya, perawatan rambut, atau make up yang mengganggu produksi minyak pada tubuh. Anda pun sering disarankan untuk tidak menggunakan make up dengan bahan utama minyak.

Faktor lain yaitu pengaruh dari rambut panjang yang bersentuhan langsung dengan leher. Kalau tidak, jerawat leher juga tumbuh subur karena stres, pengaruh hormon, pengaruh obat-obatan tertentu, diet, dan memang faktor keturunan.

Obat jerawat di leher paling ampuh

Tanpa resep dokter pun, anda bisa menemukan aneka obat yang dijual bebas di pasaran. Namun sebaiknya anda tetap waspada akan kandungan dan penggunaannya. Cara amannya tetap dengan konsultasi pada dokter kulit. Dengan demikian, anda akan terhindar dari kemungkinan iritasi dan alergi.

Obat jerawat sendiri biasanya hadir dalam bentuk lotin, krim, atau gel. Apa pun bentuknya, pastikan anda menuruti dosis dan cara penggunaannya.

#1. Obat benzoil peroksida

benzoil peroksida, benzoil peroksida adalah, benzoil peroksida sabun, benzoil peroksida obat jerawat, benzoil peroksida, benzoil peroksida adalah, benzoil peroksida sabun, benzoil peroksida obat jerawat adalah golongan

Image via: skin.co.id

Bahan kimia aktif ini dikenal sebagai pembasmi bakteri  yang menyebabkan jerawat. Selain itu, benzoil peroksida juga manjur meredakan peradangan. Namun di awal penggunaannya, jerawat mungkin akan tampak memburuk dulu.

Baca :  Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Dingin, Waspada, ya!

Setelah anda mengoleskan obat pada kulit, kulit akan berubah merah dan mengelupas. Anda mesti bersabar sebelum keadaan jerawat membaik. Tetap gunakan secara rutin selama beberapa pekan.

#2. Obat asam salisilat

asam salisilat, asam salisilat untuk jerawat, asam salisilat obat jerawat, asam salisilat bubuk, fungsi asam salisilat untuk jerawat

Image via: nextskin.co.id

Obat selanjutnya memiliki reputasi sebagai solusi masalah kulit. Khususnya masalah yang disebabkan oleh keras dan tebalnya kulit. Misalnya kapalan, mata ikan, kulit bersisir, psoriasis, kutil, dll.

Namun obat ini ampuh melebarkan atau membuka pori-pori kulit yang tersumbat, terutama pada jerawat ringan. Asam salisilat juga bisa diandalkan untuk mencegah terjadi luka pada kulit. Sebagai efek sampingnya, kulit akan kering dan mengelupas pasca penggunaan asam salisilat.

#3. Sulfur/ belerang

sulfur untuk jerawat, efek sulfur untuk jerawat, sabun sulfur untuk jerawat, manfaat sulfur untuk jerawat

Image via: skylighter.com

Bahan kimia ini juga efektif melawan bakteri penyebab jerawat dan membantu masalah pori-pori tersumbat. Bahkan penggunaannya bisa mencegah bakteri baru. Sulfur juga bersifat anti-inflamasi alias peradangan.

Jika jerawatnya sudah dirasa parah, sebaiknya anda menggunakan obat yang sesuai resep dokter. Anda bisa mendapatkan obat yang diminum, dioleh, atau menjalani terapi perawatan khusus. Penyebab Jerawat Di Leher dan Obat Paling Ampuh Mengatasinya. #RD