Home » Makanan » Serba-Serbi Belimbing Wuluh, Rasanya Asam Tapi Manfaatnya Manis

Serba-Serbi Belimbing Wuluh, Rasanya Asam Tapi Manfaatnya Manis

belimbing wuluh, orang makan belimbing wuluh, chumnan101 belimbing wuluh, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh

Image via: IG @chumnan101

Kenal dengan belimbing yang satu ini?

Sebagian daerah menyebutnya sebagai belimbing buluh, belimbing sayur, belimbing botol, blingbing buloh, dll. Bentuknya mirip mentimun, bulat dan lonjong. Hanya saja ukurannya cenderung kecil. Warnanya hijau kekuningan. Jika sudah masak, buahnya terlihat berair dan rasanya asam.

Belimbing bisa disajikan bersama sayur, dijadikan manisan, dicampur ke dalam ramuan jamu, atau pun dimakan langsung.

Meski sudah tersebar di Malaysia, Filipina, Myanmar, dan Sri Langka, namun belimbing ini berasal dari Kepulauan Maluku, Indonesia.

Nutrisi dan Manfaat Belimbing Wuluh

Selain memberikan sensasi asam yang menyegarkan, nutrisi dalam belimbing juga mendatangkan faedah bagi tubuh. Nutrisi tersebut berupa vitamin A, B, C, serat, zat besi, fosfor, flavonoid, asam sitrat, tanin, dan mineral lain. Manfaatnya untuk meredakan batuk, sakit gigi, panu, jerawat, pegal, nyeri otot, bahkan ada yang mengklaim bisa membantu mengatasi diabetes dan hipertensi.

Cara Menanam/ Budidaya Belimbing Wuluh

Mengingat manfaatnya yang kaya, banyak yang terpicu untuk menanamnya di dekat rumah. Prosesnya sendiri cukup mudah, yang penting tanahnya lembap dan pasokan cahaya matahari terpenuhi. Anda bisa menanam dengan bijinya atau menyetek batang pohon yang sudah ada. Langkah-langkahnya:

  1. Pilih pohon yang produktif berbuah.
  2. Potong salah-satu batangnya yang sedang, tidak terlalu tua dan tidak juga begitu muda
  3. Rendam potongan batang tersebut ke dalam larutan perangsang pertumbuhan akar. Biarkan semalaman.
  4. Tancapkan batang tersebut ke pot
  5. Siram dengan teratur

Kalau bisa, tanam belimbing wuluh di awal musim hujan. Sebab, kondisi tanahnya sedang lembap. Batangnya jadi tidak kering dan proses pertumbuhan jadi lebih terbantu. Demikian, Serba-Serbi Belimbing Wuluh, Rasanya Asam Tapi Manfaatnya Manis. #RD

Baca :  5 Pengaruh Gula dan Makanan Manis Berlebihan Terhadap Keadaan Mental