Home » Kesehatan » Syarat Jika Perokok ingin Melakukan Donor Darah

Syarat Jika Perokok ingin Melakukan Donor Darah

perokok Donor Darah, bisakah perokok Donor Darah, perokok tidak boleh Donor Darah, syarat donor darah, syarat donor darah pmi

Image via: healthline.com

Mendonorkan darah merupakan aksi mulia, sebab pasien yang membutuhkan akan tertolong. Bahkan nyawa mereka bisa selamat karena kontribusi para pendonor darah. Namun aksi ini juga riskan. Penyumbang darah sembarangan justru mengancam kesehatan pasien.

Syarat donor darah menurut Palang Merah Indonesia (PMI)

Agar niat mulia anda tidak terciderai kondisi yang salah, sebaiknya anda mempersiapkan diri dulu. Sebelum donor darah, ada baiknya anda mengikuti persyaratan yang sudah disusun PMI:

  • Anda berusia 17-60 tahun
  • Suhu tubuh normal
  • Berat badan minimalnya 45 kg
  • Memiliki tekanan darah normal (diastolik 70/100 dan sistolik 110/160)
  • kadar hemoglobin minimal pria 12,5 g/dl dan wanita 12 g/dl.
  • Jarak donor darah maksimal 3 bulan
  • Dalam setahun, maksimal mendonorkan darah 5 kali

Jika anda tidak tahu dan tidak bisa memeriksa kondisi tubuh sendiri, biasanya petugas PMI akan membantu mengecek. Mereka akan mengukur bobot tubuh, denyut nadi, suhu tubuh, tekanan darah, serta sampel darah untuk memeriksa kadar hemoglobinnya.

Anda juga mesti kooperatif dengan mengikuti semua prosedur, termasuk melengkapi hasil pemeriksaan. Anda mesti memberitahu keadaan kesehatan saat ini, serta terbuka mengenai gejala/ penyakit yang pernah dialami.

Bagaimana jika perokok ingin donor darah?

Situs kesehatan Healthline menyatakan, kalau perokok bisa mendonorkan darah. Tetapi pastikan perokok itu tidak merokok dulu sebelum menyumbangkan darahnya. Kenapa? Karena kandungan rokok bisa membuat tekanan darah jadi meningkat.

Pasca mendonorkan darah pun, perokok tidak diperkenankan menghisap rokoknya selama 3 jam. Hal itu dikarenakan sang perokok sudah kehilangan banyak darah. Dia berpeluang mengalami kelelahan, pusing, bahkan mungkin pingsan. Karena itu, rokok bukanlah kebutuhan utama setelah donor darah.

Intinya, orang yang merokok boleh mendonorkan darahnya. Asalkan dia bersedia mengikuti aturan untuk tidak merokok sebelum dan sesudah donor darah. Namun anda tak bisa berharap banyak dengan menjadi pendonor rutin.

Baca :  3 Nutrisi Penting Mencegah Lemas Tak Berdaya di Hari-hari Awal Puasa

Pasalnya, perokok rentan dengan aneka gangguan medis. Entah itu tekanan darah tinggi, ancaman kanker, penyakit paru-paru, gangguan jantung, dll. Kondisi kesehatan seperti itu tentu merugikan diri anda dan calon pasien yang akan dibantu.

Jika anda tidak lolos pemeriksaan petugas, tak perlu memaksakan diri. Anda bisa membuat jadwal ulang. Demikian, Syarat Jika Perokok ingin Melakukan Donor Darah. #RD