Home » Kesehatan » Ternyata Posisi Duduk Memiliki Pengaruh Pada Mood, Mana yang Bikin Baikan?

Ternyata Posisi Duduk Memiliki Pengaruh Pada Mood, Mana yang Bikin Baikan?

posisi duduk, posisi duduk dan pengaruhnya pada mood, mood buruk, bad mood, posisi duduk yang benar, posisi duduk yang salah, posisi duduk di lantai yang benar, karakter posisi duduk

Image via: positiveprescription.com

Apa yang anda lakukan ketika suasana hati sedang berantakan?

Sebagian besar dari anda mungkin hanya menundukkan kepala, meringkuk, atau tiduran saja. Namun mood tetap saja buruk. Rasanya serba salah.

Apa Hubungannya Posisi Duduk dengan Stres/ Depresi?

Stres dan depresi ringan masih tergolong normal. Bahkan kesannya masih sepele. Namun bukan berarti anda hanya membiarkannya berlarut-larut. Sebab, stres bisa berdampak pada mood, konsentrasi, atau mungkin aktivitas sehari-hari.

Medical Daily menyebutkan kalau para ahli dari University of Auckland sempat melakukan penelitian tentang cara memperbaiki mood dalam kurun waktu yang cepat. Penelitian itu diterbitkan dalam jurnal Journal of Behaviour Therapy and Experimental Psychiatry. Mereka mengklaim kalau postur tubuh memiliki pengaruh pada upaya menciptakan good mood.

Research tersebut melibatkan 61 partisipan yang memiliki depresi ringan dan sedang. Para ilmuwan meminta mereka untuk mempraktikkan dua posisi duduk. Awalnya mereka mengambil posisi tegak, lalu duduk membungkuk atau duduk santai sebagaimana yang dilakukan sehari-harinya.

mood, mood buruk, bad mood, posisi duduk yang benar, posisi duduk yang salah, posisi duduk di lantai yang benar,

Image via: consciouslivingtv.com

Para partisipan menegakkan punggung dan bahu. Pandangannya lurus ke depan. Setelah itu, mereka diminta untuk rileks dengan melengkungkan punggungnya. Kemudian bahunya turun dan kepalanya menunduk. Masih dengan posisi itu, para partisipan ditugaskan untuk menyampaikan pidato selama 5 menitan. Mereka juga diberi kuesioner khusus untuk diisi.

Dalam hasil akhirnya, bisa disimpulkan kalau partisipan depresi yang duduk membungkuk cenderung leluasa mengeluarkan unek-unek menyedihkan. Posisi duduk ini pun disebut sebagai sindrom hati tertutup (close heart syndrome). Dengan kata lain, kondisi ini menggambarkan partisipan yang tengah melindungi hatinya dari rasa sakit dan kecewa.

Lain lagi dengan partisipan yang duduk tegak. Mereka terlihat lebih berenergi, fokus, dan mood-nya lebih positif. Salah-satu tandanya yaitu penggunaan kata “saya”. Peneliti menyimpulkan kalau partisipan tersebut percaya diri. Depresi yang dideritanya juga cenderung berkurang.

Baca :  11 Gejala dan Ciri Kalau Kamu Sudah Stres Tingkat Tinggi

Meski demikian, research ini masih memerlukan pengembangan. Belum final.

Jadi, apa ada posisi duduk yang bisa bikin good mood?

Ya, posisi duduk yang membawa efek positif bagi mood itu nyata adanya. Anda bahkan bisa lebih berenergi dan konsentrasi. Siapa pun bisa merasakannya. Tak melulu orang stres atau depresi saja.

Cobalah duduk lebih tegak. Arahkan pandangan lurus ke depan. Busungkan dada. Tegakkan bagu anda.

Posisi tersebut memudahkan anda untuk menarik napas dan membuangnya dengan puas. Hati yang sempat kacau bisa reda dengan sendirinya. Kemungkinan besar anda akan merasa jauh lebih baikan dan optimis.

Para psikolog di Ruhr University Bochum dan University of Hildesheim juga menegaskan kalau posisi duduk tegak bisa meningkatkan aktivitas otak. Daya ingat anda meningkat. Kata-kata yang keluar pun cenderung bernada positif, bukan justru bikin frustrasi.

Hal yang sederhana, ya, tapi efeknya luar biasa. Demikian, Ternyata Posisi Duduk Memiliki Pengaruh Pada Mood, Mana yang Bikin Baikan? #RD