Home » Penyakit » Wah! Buah Ciplukan Bisa Mengatasi 14 Penyakit Ini

Wah! Buah Ciplukan Bisa Mengatasi 14 Penyakit Ini

buah ciplukan, buah ciplukan mahal, harga buah ciplukan, buah ciplukan obat kanker, manfaat ciplukan dan cara mengolahnya, manfaat daun ciplukan untuk payudara, khasiat ciplukan untuk hipertiroid

via: zoom50.wordpress.com

Ciplukan boleh saja berukuran mungil. Buah ini bahkan tumbuh liar di area pesawahan. Namun siapa sangka, faedahnya bagi kesehatan ternyata begitu besar.

Karena sudah ketahuan khasiatnya sebagai obat herbal alami, tak heran kalau banyak yang mulai membudidayakannya. Harga jualnya pun jadi cukup lumayan, lebih lagi kalau sudah masuk mall atau swalayan.

Buah dengan rasa pahit, manis, asam, dan segar ini memiliki banyak sebutan. Ada yang menamainya sebagai cecendet, kopok-kopokan, lapunonat, keceplokan, ciciplukan, Aztec Berry, bladderberry, dll. Namun secara ilmiah, buah ini disebut sebagai Physalis Peruviana.

Manfaat besar yang terdapat buah ini tentu tak lepas dari kandungan atau nutrisinya. Bahkan tak hanya buahnya, bagian lainnya pun bisa dimanfaatkan. Healthbenefitstimes menyebutkan kalau buah ini kaya akan vitamin B3, vitamin B1, zat besi, karbohidrat, dll. Lalu apa saja penyakit yang bisa disembuhkan atau diatasi oleh buah ini? Jom!

1. Penyakit Asma

Kekayaan antioksidan dalam buah ini benar-benar membantu. Kita bisa merebus daun dan batang buah ciplukan. Kemudian kita langsung minuman air tersebut. Kalau tidak, kita bisa mengambil daun ciplukan, mencampurkannya dengan kapur sirih, dan menghancurkannya secara manual dengan telapak tangan. Beri air sedikit, lalu oleskan pada bagian perut, dada, dan punggung kita.

2. Fibrosis Paru dan Liver/ Hati

Dalam akar buah ciplukan rupanya terdapat komposisi kimia berupa alkaloid, flavonoid, dan etanolida. Kandungan ini bisa menjadi perlindungan bagi hati dan paru-paru, khususnya dari ancaman fibrosis.

3. Nyeri Arthritis/ Rematik

Rasa nyeri yang satu ini otomatis mengurangi kualitas pergerakan kita.  Tetapi sudah disinggung sebelumnya, buah ini kaya akan niacin atau vitamin B3. Kandungan ini sendiri bisa meningkatkan atau melancarkan sirkulasi darah di beberapa bagian tubuh. Hal ini tentu bisa membantu meningkatkan fleksibilitas sendi, dan mengurangi sakit akibat kekakuan atau pembengkakan sendi. Kita bisa mencampurkan daun ciplukan dengan kapur sirih. Hasilnya kemudian dioleskan atau ditempel pada persendian yang nyeri.

4. Kencing Manis

Nama lain dari diabetes melitus ini menjadi pertanda ketidakstabilan gula dalam darah. Benar-benar mengerikan dan mengancam para penderitanya. Sebagai usaha untuk mengatasinya, banyak yang mencoba merebus akar dan batang buah ciplukan, lalu meminum air rebusannya sebanyak 3x sehari.

5. Penyakit Jantung

Untuk pengolahannya, kita bisa mengumpulkan sekitar 40 helai daun ciplukan. Hancurkan daun-daun tersebut. Kita juga bisa menggunakan blender. Setelah itu, minuman jus tersebut.

6. Kurap

Penyakit ini memang sangat mengganggu. Lebih lagi kalau salep yang biasa dipakai ternyata tidak ampuh mengatasinya. Sebagai cara alaminya, kita bisa menggunakan daun ciplukan yang sudah ditumbuk atau dihancurkan, kemudian mengoleskannya pada bagian kulit kurap.

Baca :  Manfaat Buah Duku untuk Pengobatan, Dari Cacingan Sampai Malaria

7. Demam

Panas atau demam memang sering menimbulkan kepanikan, apalagi pada anak-anak. Sebagai pertolongan awal, kita bisa mengkonsumsi buah ini untuk meredakan panasnya.

ciplukan, ciplukan harga, ciplukan mahal, buah ciplukan, buah ciplukan mahal, harga buah ciplukan, buah ciplukan obat kanker, manfaat ciplukan dan cara mengolahnya, manfaat daun ciplukan untuk payudara, khasiat ciplukan untuk hipertiroid

Via: de.wikipedia.org

8. Tekanan Darah Tinggi

Penyakit ini mendesak jantung untuk kerja ekstra. Agar gangguan bisa reda, kita bisa merebus buah, daun, dan akar ciplukan, lalu meminum airnya. Lakukan secara rutin selama 3 pekan.

9. Kencing Kotor

Urinary Tract Infection atau adanya gangguan kuman di dalam saluran kencing pasti sangat mengganggu. Tetapi kita bisa mencoba berikhtiar dengan meminum air rebusan dari pucuk sampai ke akar ciplukan.

10. Kanker Payudara

Yang namanya kanker pasti sangat angker. Kita pun pasti akan mengupayakan pengobatan maksimal untuk hasil yang optimal. Salah-satunya bisa dengan mencampurkan daun pucuk muda, tunas kunyit, serta empat biji beras. Hancurkan dengan parutan kelapa. Setelah lumat, kita bisa mengoleskan ramuannya pada area payudara.

11. Kolesterol Tinggi

Hiperkolesterolemia ini menjadi kondisi yang menakutkan. Kalau sudah terjadi, beragam penyakit bisa mudah datang. Untuk itu, kita bisa mengonsumsi dua helai daun ciplukan sebanyak 3x sehari.

12. Anemia

Kondisi kurang darah selalu mudah membuat kita pusing dan lemah. Selain memperbaikin asupan nutrisi, kita bisa meminum air rebusan dari batang dari buah ciplukan.

13. Gusi Berdarah

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah ciplukan tentu sangat bermanfaat. Vitamin ini mencegah datangnya sariawan. Selain itu, rutin mengonsumsi buah ini pun bisa mengatasi gangguan gusi berdarah.

14. Tiroid/ Hipertiroid/ Gondok

Penyakit dengan ciri berupa pembengkakan di bawah leher atau jakun ini cukup mengganggu penderitanya. Penampilan leher jadi lebih besar dai biasanya, sulit menelan, suara berubah, dan napas pun jadi tersendat. Rupanya ciplukan memiliki senyawa-senyawa seperti asam sitrat, asam malat, alkaloid, physalin, tanin, vitamin C, dan cryptoxanthin. Senyawa aktif tersebut bisa menimbulkan efek antihyperthyroid. Kita bisa mengumpulkan 3 tanaman ciplukan dengan ketinggian rata-rata 50 sentimeter. Rebus dengan 3 gelas sampai menghasilkan 1 gelas saja. Minum satu kali sehari.

Cara memakan atau mengolah ciplukan bisa dengan jalan lain. Misalnya dengan dicampurkan menjadi fruit salad, bahan pie/ pudding, dijadikan selai, dll. Tertarik untuk mencoba dan membuktikan manfaatnya? Buah Ciplukan Bisa Mengatasi 14 Penyakit Ini. #RD