Home » Kesehatan » Wah! Ternyata Rasa Ketakutan Bisa Mendatangkan 6 Manfaat Kesehatan

Wah! Ternyata Rasa Ketakutan Bisa Mendatangkan 6 Manfaat Kesehatan

rasa takut untuk kesehatan, dampak positif rasa takut, dampak negatif rasa takut, akibat rasa takut berlebihan, solusi takut, cara mengobati rasa takut

Image via: thestar.com

Yes! Kamu tak perlu minder kalau menjerit histeris ketika menonton film horor ramai-ramai. Kamu juga baik-baik saja ketika bulu kuduk berdiri karena melihat segala sesuatu yang beraroma Halloween. Tak ada yang salah.

Seorang psikolog analis bernama Steve Orma, PsyD, menyatakan kalau ketakutan itu merupakan salah-satu emosi yang ada dalam diri manusia. Kehadirannya mirip seperti kesedihan, kemarahan, kegembiraan, dan emosi lainnya. Wajar. Malah ada kemungkinan hikmah kesehatannya. Kok bisa? Nah, hal ini sempat diulas juga oleh RD. Jom!

1. Kamu jadi Waspada akan Bahaya

ketakutan, pengertian ketakutan, takut jadi waspada, takut stalker, penyebab ketakutan

Image via: express.co.uk

Rasa takut itu menjadi semacam alarm natural untuk diri kamu. Kalau tak punya rasa takut, hidupmu mungkin akan lebih pendek. Sebab kamu jadi tak sadar dan peduli pada ancaman sekitar. Tetapi ketika merasa takut, tubuh jadi cepat bereaksi.

Bahkan karena ketakutan juga, seseorang bisa memiliki energi, fokus, kekuatan, dan kecepatan yang tak terduga. Bayangkan ketika hendak menyeberang dan ada mobil dengan speed gila, kamu pasti langsung melompat secepat kilat.  Ketika jalan sendirian dan serasa ada yang stalking, kamu bisa lari tunggang-langgang. Atau ketika menerima serangan mendadak, kamu meninju dan menendang secara membabi-buta. Power itu hadir dari rasa takut, bukan?

Baca Juga: 6 Manfaat atau Hikmah Berbuat Baik Bagi Kesehatan

2. Kamu jadi Terbantu untuk Lebih Berani Mengambil Risiko

takut jadi berani, rasa takut dalam islam, cara menjadi berani berkelahi, cara menjadi berani berbicara, cara melatih mental berani, cara melawan rasa takut dan malu

Image via: nicktheriault.wordpress.com

Ketika dihadapkan dengan ketakutan, kamu memiliki dua pilihan utama. Satu, kamu menyerah dan berhenti karena ketakutan itu. Dua, kamu menghadapinya dan membukakan segala kemungkinan. Misalnya ketika hendak menikah. Kamu bisa memilih putus atau menghindar karena takut, atau lanjut menikah saja dan memperluas jalan lain untuk berbahagia.

Ketakutan membuat kamu berpikir dan menimbang ketika harus menurutinya, atau justru melawannya. Ketakutan juga yang seringkali mendorongmu untuk lebih berani. Di satu sisi kamu ingin terbang via pesawat agar cepat sampai, tetapi di sisi lain kamu takut ketinggian. Kalau berhasil mengendalikan diri, rasa takut itu akan memicu kamu untuk memberanikan diri menginjakkan kaki di pesawat. Begitu menikmati sensasi terbang dan selamat sampai tujuan, kamu pun senang, sebab tak harus menanggung penyesalan akibat terlalu nurut pada rasa takut.

3. Manfaat Rasa Takut untuk Karier atau Sekolahmu

mental takut, penyebab rasa takut berlebihan, melatih mental kuat, penyebab mental lemah, cara memperkuat mental dan fisik, cara memperkuat mental keberanian

Image via: stevelaube.com/

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, takut bisa menjadi motivator tersendiri. Kamu jadi waspada dan tergerak untuk melakukan sesuatu. Mental yang ciut bahkan bisa berkobar karena rasa takut.

Karena takut terlambat, kamu langsung menyiagakan alarm. Karena takut deadline terbengkalai, kamu langsung konsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Karena takut gagal menyampaikan presentasi atau memberi sambutan, kamu berlatih dan mempersiapkan diri setotal mungkin, dsb.

Baca :  10 Kebiasaan Jaman Now yang Mengundang Penyakit dan Mengacaukan Gaya Hidup Sehatmu

Semua itu kadang bikin stres, tetapi kamu jadi “terbangun” untuk menunaikan apa pun tanggung-jawabmu. Sebaik dan semaksimal mungkin.

4. Ketakutan itu “Seru”

takut, takut tapi seru, takut naik wahana, naik roller coaster di transmart, wahana cangkir putar

Image via: huffingtonpost.com

Banyak orang yang memang takut pada hantu atau makhluk lain, namun justru ketagihan menonton film horor di bioskop, bahkan sendirian! Banyak juga yang memiliki rasa takut, tetapi mendapatkan sensasi fun ketika naik roller coaster, skydiving, panjat tebing, dsb.

Ketakutan itu mengundang kesadaran, begitu melangkahi zona nyaman, hidupmu semakin hidup. Ada passion. Segala sesuatu jadi serba menggairahkan, bahkan berpotensi menggembirakan. Lihat saja mereka yang berteriak ketakutan ketika naik wahana tornado, misalnya. Ya takut, ya khawatir, namun juga gembira, puas, dan bangga. Kamu bahkan jadi lupa masalah, utang-piutang, tuntutan tugas, dsb.

5. Rasa Takut Membantumu Bersosialisasi dan Berinteraksi

manfaat ketakutan, manfaat rasa takut, takut yang menyehatkan, manfaat takut bagi kesehatan, manfaat takut bagi hubungan sosial

Image via: twistedsifter.com

Hormon oksitosin dalam tubuh membuat kamu ingin dekat, memiliki ikatan, dan merasakan kenyamanan ketika bersama orang lain. Hal ini tergambar ketika kamu dan orang lain (teman, pasangan, atau keluarga) nobar film horor. Begitu suara atau visual mengerikan muncul, kamu bisa menjerit dengan bebas, atau mungkin memeluk siapa saja yang terdekat. Hal ini juga berlaku ketika kalian mengunjungi wahana rumah hantu.

Kamu pun cenderung ingin menceritakan hal-hal yang bikin takut dan khawatir pada orang lain. Semakin dipendam, kamu semakin tidak nyaman. Apalagi kalau ketakutan itu sudah menjalar dan mengganggu aktivitasmu. Bagaimana pun, naluri untuk bertahan hidup itu membuatmu ingin melepas ketakutan dengan jalan membuka diri pada orang lain. Kamu ingin kenyamanan dan perlindungan. Di saat itu juga, secara tidak langsung, kamu sudah mengeratkan hubungan.

6. Takut Membuatmu Sadar Diri

manfaat takut, manfaat takut kepada allah, contoh takut kepada allah, akibat tidak memiliki rasa takut kepada allah, manfaat khauf, mengapa kita harus memiliki perasaan takut kepada allah swt

Image via: adelove.com

Ketika terjadi bencana, apakah kamu tidak takut dan justru ingin menantang alam? Begitu gempa bumi melanda, lelaki macho dengan tato kapak di sekujur tubuhnya bisa lekas sembunyi di balik meja. Ketakutan dalam dirinya membangkitkan naluri untuk segera berupaya survive.

Ketakutan juga yang membuatmu sadar. Sekuat, semandiri, secantik, seberpengaruh, atau sepopuler apa pun kamu, ada kekuatan Maha Dahsyat lain yang amat sangat dekat. Kamu hanya hamba kerdil yang tetap memohon pertolongan ketika terjadi bahaya dan ketakutan.

Kesadaran ini tentu membantumu untuk lebih memperbaiki sikap, tidak jumawa, dan hidup tenang karena sudah menjalin relasi baik dengan Sang Pencipta. Selama tidak begitu berlebihan, ketakutan bisa menyajikan hikmahnya tersendiri. Demikian, Ternyata Rasa Ketakutan Bisa Mendatangkan 6 Manfaat Kesehatan. #RD